Safety : Lindungi Tangan Anda

Salam sejahtera bagi kita semua…..
Materi kita kali ini TENTANG
“LINDUNGI TANGAN ANDA”

Bayangkan anda makan tapi jari-jari tangan anda tidak lengkap, bayangkan anda menulis tapi jari-jari tangan anda tidak lengkap!

PENYEBAB UMUM TANGAN CEDERA
Ada banyak penyebab dari cidera tangan dan jari, sebagian besar sebenarnya dapat dicegah, antara lain adalah, terkena palu, terjepit, terpotong oleh benda tajam, tertusuk oleh serpihan atau potongan, terbakar atau menyentuh benda panas atau bahan kimia berbahaya dan terjebak diantara mesin yang bergerak..

SARUNG TANGAN-ADALAH SARANA UNTUK PERLINDUNGAN
Selama kulit anda tetap utuh, anda dapat menahan kuman atau bakteri agar tidak masuk ke tubuh kita, tetapi setelah kulit kita terbuka akibat tergores atau terpotong, kuman akan lebih leluasa masuk dan menginfeksi, kecuali anda dapat pengobatan yang tepat. Tidak peduli betapa kuat dan kasarnya tangan anda, tangan anda tidak mungkin kuat menahan sayatan benda tajam dan tusukan benda yang runcing. Itulah sebabnya mengapa sarung tangan sangatlah penting. Sarung tangan seperti lapisan ekstra pada kulit kita. Gunakan sarung tangan setiap kali Anda menangani bahan yang kasar atau tajam. Gunakan sarung tangan karet ketika bekerja dengan bahan kimia, pelarut, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit anda. Kenakan sarung tangan yang sesuai dan dengan benar. Tapi Juga harus di ingat bahwa sarung tangan tidak harus dipakai bila ada kemungkinan sarung tangan tersebut dapat terjebak dalam mesin bergerak.

COVER/PELINDUNG MESIN PERKAKAS
Cover pada gergaji listrik, mesin berputar dan peralatan lain kadang-kadang tampak terlihat seperti gangguan yang membuat pekerjaan kita jadi terhambat. Tapi sebenarnya itu adalah pelindung agar kita tidak cidera. Dengan mencopot atau mengganti pelindung tersebut berarti anda telah memberikan kesempatan anda atau orang lain akan terluka.
Coba ikat salah satu tangan anda di belakang punggung anda satu hari ini saja, dan anda akan sadar betapa penting dan berharganya kedua tangan anda

BAHAYA LAIN
Banyak hal yang bisa membuat tangan anda cidera walaupun anda sudah menggunakan
sarung tangan. Jadi tetaplah waspada dan hati-hati saat bekerja.
Safety First…………………………………….!!!
Terima kasih

Tinggalkan komentar